Selasa, 09 September 2014

Nilai Kehidupan dalam Beatbox

SEBELUMNYA DI BEATBOXOLOGY: http://beatboxology.blogspot.com/2014/09/beatboxer-pernah-susah.html


Pernahkah kalian menyadari bahwa dari beatbox kalian bisa belajar tentang berbagai proses yang ada selama hidup kalian? Berapa kali kalian merasa susah dan senang selama melakukan beatbox. BEATBOXOLOGY sekarang coba memberi beberapa nilai yang bisa diambil dari beatbox dan berguna buat kalian:

- PROSES
Awal mula kalian belajar beatbox pastilah mengalami berbagai macam kesusahan. Beatbox sebagai sebuah musik yang benar-benar bersumber dari anggota tubuh menuntut para beatboxer untuk rajin berlatih agar beatboxnya semakin keren. Beatbox adalah proses, karena dalam beatbox semua berawal dari mencoba, melatih terus menerus dan membuatnya semakin bagus.

- PERTEMANAN
Beatbox adalah salah satu musik yang benar-benar menghargai setiap beatboxernya. Tidak peduli kalian skill beatboxnya sudah bagus ataupun masih kurang, saat beatboxer satu sama lain bila bertemu akan selalu bikin jamming dadakan dan berbagi ilmu.

- BERBAGI
Beatbox membuat kalian bisa berbagi, terutama berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Beatbox bagi kebanyakan orang adalah sebuah hal yang mengherankan, bagaimana mungkin sebuah mulut mampu menghasilkan musik yang keren. Saat kalian ngebeatbox dan terlebih bahagia saat nglakuin itu, dan orang lain yang melihat merespon dengan ekspresi heran, tersenyum bahkan memintamu ngebeatbox lagi, itulah kenikmatan berbagi.

- BERSAING
Beatbox mengajarkan kalian bagaimana bersaing secara sehat. Karena dalam beatbox itu yang diandalkan adalah murni skill yang kalian asah sendiri, dan beatbox itu bukanlah berupa barang yang bisa diupgrade dengan uang. Beatbox menuntut kalian menjadi pribadi yang lebih baik, baik kalian beatboxer yang lebih mengedepankan skill ataupun hiburan. Dan dalam kehidupan kalian sendiri, kalian akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dibanding orang lain dengan meningkatkan kemampuan kalian sendiri.

- EMPATI
Beatbox juga mengajarkan kalian untuk berempati atau peduli terhadap orang lain. Beatboxer belajar beatbox bukan hanya untuk kepuasannya sendiri, namun juga untuk membuat orang lain senang dengan kemampuannya tersebut. Bukankah menghibur orang lain dengan beatbox kalian dan membuat mereka gembira adalah sebuah hal yang baik? Satu lagi pahala buat beatboxer.

- BERORGANISASI
Beatbox mengajarkan kalian berorganisasi, baik sebagai diri sendiri maupun kalian bekerjasama dengan orang lain juga. Beatbox mengajarkan kalian mengorganisir setiap instrumen sehingga sampai jadi sebuah rangkaian pattern. Sebagai performer pun, beatboxer juga harus mengatur waktu, baik perform datang tepat waktu maupun lama durasi perform yang juga harus dipatuhi. Serta beatboxer apabila berkomunitas juga diajarkan untuk berinteraksi dengan beatboxer maupun orang lain sehingga komunitas yang diikuti mampu berkembang.

- BERANI MENGAMBIL RISIKO
Saat beatboxer sedang battle dan lagi panas-panasnya biasanya merasa tersaingi dengan beat pesaing yang terlihat keren. Pada saat itu juga dia akan berpikir dia harus melakukan suatu pattern yang baru yang tidak kalah dengan lawannya. Mau tak mau dia akan melakukan "It's new for me" biar beatboxer tersebut stay fresh serta skill yang lebih keren. Namun dengan risiko pattern baru yang diambil belum tentu lancar saat dibawakan.

- MAU BERMIMPI
Hampir semua beatboxer pasti bermimpi untuk bisa ambil bagian World Beatbox Battle atau paling tidak bisa ikut berpartisipasi di scene beatbox internasional, mungkin minimal bisa terkenal di level nasional. Karena pada dasarnya semua beatboxer itu sama, mereka menggunakan mulut sebagai senjata utama dan semua beatboxer memiliki itu. Karena kesamaan itulah yang menjadikan beatboxer berani bermimpi.

- BERPIKIRAN LUAS
Sebagian beatboxer juga awal mulanya merasa dirinya bukanlah siapa-siapa, namun karena beatboxlah mereka mampu mengetahui kehidupan yang lebih luas. Karena beatbox bukan hanya tentang diri beatboxer itu sendiri, namun juga butuh berinteraksi dengan beatboxer lain, orang awam yang lain, butuh mengerti tentang musik secara luas, cara perform yang menghibur. Dengan seperti itu, beatboxer otomatis akan bertambah pengetahuannya.

- CINTA
Beatboxer ngebeatbox karena dia cinta beatbox. Beatboxer ngebeatbox biar beatboxer dapat orang yang cinta sama beatboxer. Beatboxer berbagi cinta kepada penonton saat ngebeatbox. Beatboxer satu dengan beatboxer lain bertukar cinta dengan ngejam dan sharing ilmu beatbox bareng. Beatboxer setelah battle saling berpelukan dan menghormati karena mereka sama-sama mencintai beatbox.

Akhirnya kelar juga BEATBOXOLOGY nulis ini. Tanpa terasa, seorang beatboxer belajar mengenai kehidupan itu sendiri karena beatbox. Beatbox adalah musik yang paling manusiawi, musik yang dibunyikan dengan indera kecap manusia, sepintas sebelumnya melalui proses pemikiran untuk membentuk pattern dan melibatkan perasaan saat mengatur temponya. Karena beatbox adalah musik kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar