Kamis, 04 September 2014

Manfaat Video Beatbox



Beatboxer tanpa video itu kaya manusia tanpa tulang, lumpuh. Sebagian dari beatboxer terutama di Indonesia menganggap beatbox itu lebih dekat ke bidang audio daripada video, karena beatbox itu sendiri adalah suara. Padahal video itu cakupannya lebih luas, karena di dalamnya selain terdapat audio, kalian juga bisa mempelajari atau memanfaatkan bidang visual dari video itu sendiri.

Sekarang kembali ke judul tentang manfaat video beatbox, BEATBOXOLOGY akan membaginya ke dalam dua hal, yaitu penikmat video beatbox dan pelaku video beatbox. Sengaja tidak BEATBOXOLOGY bahas tentang pembuat video beatbox, karena pastinya bakal mengulas perihal editing video dan BEATBOXOLOGY kurang mahir dalam hal tersebut, BEATBOXOLOGY cuma bisa memanfaatkan video converter dan windows movie maker.

MANFAAT VIDEO BEATBOX DARI SEGI PENIKMAT:

- Mendapat Hiburan.
Salah satu poin utama dalam video beatbox selain soal skill beatboxernya, harus bisa menghibur. Karena hal tersebutlah yang mampu membuat penontonnya merasa senang dan ingin melihatnya lagi.

- Menambah Ilmu.
Balik ke teori lama soal beginian, tontonan harus bisa jadi tuntunan. Tuntunan dalam hal ini adalah mampu memberikan pengetahuan baru dan contoh buat yang menikmati video tersebut. Contoh mudahnya video tutorial beatbox yang memang bermaksud mengajarkan beatbox, hingga para beatboxer yang menonton menduplikasi beat dari beatboxer yang sedang battle maupun showoff. Selain itu juga untuk mengetahui perkembangan beatbox itu sendiri.

- Buat Koleksi
Mungkin hanya beberapa beatboxer saja yang melakukan hal ini. BEATBOXOLOGY sendiri melakukan hal ini, karena mengoleksi dan menikmatinya kembali memiliki kesenangan tersendiri. Mengkoleksi disini artinya bukan hanya sekedar buffering di Youtube, jadi dari Youtube itu didownload dan dikumpulkan lagi ke dalam folder di komputer atau disimpan ke dalam DVD. BEATBOXOLOGY memiliki ribuan koleksi video beatbox dan puluhan folder beatbox battle dari beberapa negara di seluruh dunia.

MANFAAT VIDEO BEATBOX DARI SEGI PELAKU:

- Dokumentasi
Manfaat paling dasar dari video itu sendiri adalah hal ini. Dengan begini beatboxer tersebut telah mengabadikan momen ketika dia sedang ngebeatbox, entah itu sedang iseng, pengin showoff, bikin video yang berkonsep, ataupun saat sedang manggung.

- Evaluasi
Mungkin hanya beberapa saja beatboxer yang melakukan hal ini. Jadi dengan beatboxer itu ngevideoin pas lagi beatbox, jadi bisa melihat kembali dimana bagian yang bagus bisa dipertahankan dan ditingkatkan dan bagian yang kurang bagus bisa diperbaiki. Dengan begitu, beatboxer akan meningkatkan skillnya sendiri.

- Berkarya
Yang memiliki jiwa seniman, bikin video beatbox adalah wajib hukumnya. Karena dengan begitu dia mampu eksis melalui karya video beatboxnya. Entah video beatbox itu bakal diketahui banyak orang ataupun bakal disukai atau tidak, yang penting adalah beatboxer tersebut sudah menghasilkan suatu karya yang mampu memuaskan dirinya sendiri.

- Terkenal
Terkenal bukan hanya dilihat karena sok selebritis, namun juga karena layaknya viral marketing, semakin banyak orang tahu semakin menjual hasil video beatbox kita. Menjual disini bukan berarti menjual dalam arti sebenarnya, namun juga berarti memasarkan nama beatboxer itu sendiri baik yang bergerak bersama komunitas maupun sebagai individual beatboxer.

That's all it is... Sedikit yang bisa BEATBOXOLOGY bagi tentang manfaat video beatbox. Jadi, jangan ragu-ragu buat mendokumentasikan beatbox kalian lewat video. Menurut BEATBOXOLOGY, ini bukan melulu tentang seberapa bagus kamera ataupun hasilnya nanti, namun tentang manfaat yang bisa kalian dapatkan nantinya. Walaupun memang membuat video itu semakin bagus kualitasnya bakal semakin baik hasil ke depan yang diharapkan, namun menurut BEATBOXOLOGY itu bukanlah esensi sebenarnya.

Kalau ada yang memiliki pertanyaan, bisa langsung mention twitter @beatboxology.

Get your handphone, get your camera, get your laptop and go recording your beatbox. Apalah artinya eksis ngebeatbox namun karya beatboxnya selama ini tidak bisa dinikmati kembali.

BERIKUTNYA DI BEATBOXOLOGY: http://beatboxology.blogspot.com/2014/09/beatbox-game-permainan-beatbox.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar