Kamis, 04 September 2014

Tips Melatih Tempo Saat Beatbox


SEBELUMNYA DI BEATBOXOLOGY: http://beatboxology.blogspot.com/2014/08/beatbox-battle-dunia-ke-4.html

Beberapa beatboxer baik yang baru saja belajar maupun yang sudah profesional terkadang kesulitan untuk mengikuti atau mengatur tempo. Yang baru belajar biasanya hanya sekedar ngebeatbox tanpa bisa mengatur kecepatannya apakah lambat atau cepat atau tidak beraturan. Dan yang sudah cukup mahir yang biasanya menggunakan fast beat juga sering terpeleset dalam menyesuaikan tempo.

Tempo (menurut BEATBOXOLOGY) adalah cepat lambatnya ketukan dalam beatbox maupun bermusik. Biasanya mempunyai ukuran tertentu yang disebut BPM (Beat Per Minute, CMIIW). Tempo ini biasanya menentukan enak tidaknya beat tersebut, kan tidak lucu juga kalau beatboxer beatnya yang dari cepat banget tiba-tiba jadi begitu lambat dan berhenti sesukanya tanpa dapat feelnya.

Metronome (menurut BEATBOXOLOGY) adalah alat bantu buat memastikan ketukan dalam bermusik. Jenis suaranya ada berbagai macam. Kecepatan temponya pun bisa diatur sesuai kemauan. Kalau yang tidak memiliki alatnya secara fisik, mungkin cara gampangnya kalian bisa mengikuti ketukan detik pada jam dinding. Yang punya smartphone, bisa juga download aplikasinya. Di google juga tersedia berbagai mp3nya, tinggal dipilih mana saja yang sesuai.

Nah, balik lagi ke tips ngatur tempo dalam beatbox. Berdasar pengalaman BEATBOXOLOGY, ada 2 tips mudah untuk belajar mengatur tempo. Berikut adalah penjelasannya:

- Mengikuti Ketukan Metronome.
Nah, BEATBOXOLOGY sudah jelaskan sedikit perihal metronome, sekarang saatnya BEATBOXOLOGY ngasih tahu bagaimana cara mengikuti metronome, beberapa dari kalian yang belum mengenal mungkin awalnya bakal sedikit susah. Cara mudahnya kurang lebih seperti ini: Buat suara beatbox kick drum dan samakan cepat lambatnya sesuai ketukan metronome, kalau sudah sama ketukannya mulailah tambah dengan suara beatbox hi-hat, kalau sudah sesuai lagi tambah lagi dengan suara beatbox snare, sampai jadi BTK yang sudah lumayan komplit dan ketukannya sama dengan metronome. Ulangi lagi langkah yang sama seperti di atas dengan menambahkan efek yang kalian inginkan, namun pastikan kalian memiliki suara tertentu sebagai patokan kalau ketukan kalian sama dengan ketukan di metronome.

- Mengikuti Lagu.
Langkah berikut pernah BEATBOXOLOGY praktekkan waktu belajar beatbox pertama kali 5 tahun lalu. Caranya sangat mudah, putar lagu mp3 yang sesuai kalian suka dan anggaplah diri kalian sebagai instrumen drum dalam lagu tersebut, dengan begitu secara tidak langsung tempo kalian akan terasah dengan sendirinya mengingat di dalam sebuah lagu itu temponya sudah dipastikan. Cara ini juga berguna untuk mengatur pernafasan (jika dilakukan tanpa henti selama 1 lagu tersebut diputar) dan membantu kalian jika ingin membuat beatbox cover dari lagu tersebut.

Nah, itu tadi 2 cara mudah untuk melatih tempo kalian dalam ngebeatbox, semoga bisa berguna dan rajinlah berlatih terus menerus. Tunggu lagi sharing tips beatbox selanjutnya di BEATBOXOLOGY. Jika ada pertanyaan, bisa langsung mention twitter @beatboxology, sebisa mungkin akan BEATBOXOLOGY respon.

Beatbox tanpa tempo berarti kacau, begitu juga hidup kalian.

BERIKUTNYA DI BEATBOXOLOGY: http://beatboxology.blogspot.com/2014/09/manfaat-video-beatbox.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar