Selasa, 09 September 2014

Gaya Beatbox di Dunia



Sekarang BEATBOXOLOGY akan berbagi tentang beberapa gaya ngebeatbox dari sebagian beatboxer di seluruh dunia. Apa yang BEATBOXOLOGY tuliskan berikut merupakan hasil pengamatan BEATBOXOLOGY sendiri berdasarkan menonton Youtube selama 5 tahun terakhir dan berlangganan beberapa channel Youtube dari beberapa belahan dunia. Semua yang BEATBOXOLOGY tuliskan adalah berdasar pengalaman pribadi, jadi kalau ada kekeliruan silahkan dibenarkan. Selamat membaca.

Sebenarnya gaya beatbox berdasarkan cara ngebeatnya itu ada dua hal, yaitu Old School dan New School, entah istilah ini berawal pertama kali darimana. Old School itu ciri khas ngebeatnya simpel, mudah diikuti, dipahami dan diduplikasi, intinya sederhana begitulah, serta kental dengan musikalitas. Sedangkan New School itu seringkali beatnya belibet, rumit, padat berisi, kombinasinya banyak banget dan cenderung bermain dengan teknik.

Untuk Old School sendiri pastilah sudah ada sejak lama dan sudah ada sejak pertama kali beatbox itu ada. Perkembangannya sendiri kalau tidak salah sekitar tahun 1980an sejak keluar istilah beatbox pertama kali, dan pada 1990an akhir mulailah semakin ngetrend ke seluruh dunia dengan dipelopori beberapa beatboxer kulit hitam seperti Kenny Muhammad, Rahzel, Sly The Mic Budha, Kid Lucky, Michael Winslow dan lain-lain.

Hingga kira-kira setelah Beatbox Battle seluruh dunia pertama kali diadakan, yakni pas waktu setelah Roxorloops dan kawan-kawan itu, saat beatbox mulai menyebar dan mewabah di berbagai belahan Eropa. Di sanalah beberapa beatboxer menciptakan gaya baru dalam beatbox yang sering dinamakan New School. Artisnya itu antara lain ada Reeps One, Skiller, Alem, Babeli, Robeat dan masih banyak beatboxer terkenal yang dari Eropa.

Berikut BEATBOXOLOGY coba ceritakan beberapa gaya ngebeatbox yang berkembang di berbagai belahan dunia berdasarkan melihat video beatbox di Youtube:

- EROPA
Eropa sekarang sudah menjadi kiblat beatbox dari seluruh dunia, setelah era Old School di Amerika sebelumnya. Dimana banyak beatboxer New School bermunculan dengan berbagai kreatifitas dan ciri khas gaya yang bermacam-macam.
Seperti di Inggris yang lebih kental dengan musik Techno dan Dubstep.
Di Prancis dan beberapa negara tetangganya dengan Fast Beat dan segala keruwetan, kebelibetan beat yang banyak, padat dan cepat.
Di Rusia juga masih dengan Fast Beat dan ada sedikit campuran Hiphop dan berbagai musik lainnya.

- AMERIKA
Amerika, tepatnya Amerika Serikat merupakan tempat berkembang pertama kali beatbox, dimana Old School beatbox booming dan serasa menjadi satu elemen pokok buat ngebeatbox ada MC / rappernya, intinya sih Hiphop banget gitu dah. Namun sekarang di Amerika juga sudah memasuki era New School, dimana beat yang dipakai lebih kompleks, namun ada sedikit kekurangan dimana mereka masih kurang dalam berkreasi nyiptain orijinal sound, jadi masih terlalu keEropaan gitulah.
Sedangkan di Kanada masih ada sisa-sisa Old School beatboxer yang lebih ngandalin musikalitasnya dan beatnya tidak terlalu kompleks.
Sedangkan di Amerika Latin kayak Meksiko dan negara Amerika Tengah lainnya dan juga Amerika Selatan seperti di Brazil, Argentina dan lain-lain itu New School amat sangat kental, biasanya di Amerika Latin ngandalin beat dengan tempo cepat dan lebih belibet daripada yang di Eropa. Ya intinya kalau di Amerika Latin itu Fast Beatnya jauh lebih cepat dibandingin yang di Eropa, namun kekurangannya ada pada kebulatannya yang kurang sempurna.

- AUSTRALIA
Di benua Kangguru ini beatbox sepertinya kurang berkembang, dilihat dari beberapa beatboxer yang keblowup relatif sedikit. Untuk skill mungkin semacam peralihan dari Old School ke New School, jadi ya sudah mulai belibet gitu, namun tidak sebelibet yang di Eropa. Pas lihat kayak si Tom Thum yang sekarang cenderung lebih sering main looper dan mainin musik yang universal, terus ada juga Genesis yang kemarin ikut Beatbox Battle sedunia dan ikut Australia Got Talent. Australia Beatbox Battle sendiri pas tahun kemarin lihat finalnya di Youtube, beatboxnya ya kayak gitu dah, semacam peralihan dari Old School ke New School.

- ASIA
Nah di Asia sendiri ini yang kemungkinan rada kurang dapat perhatian dari kebanyakan kalian yang ngebaca ini. Asia memang luas sih, dan menurut BEATBOXOLOGY bisa dibagi jadi beberapa regional dan amat sangat bervariasi.
Asia Timur kayak di Jepang, Korea, Taiwan, China dan sekitarnya itu meski mainnya New School yakni beatnya belibet, tapi mereka kental dengan musikalitasnya. Bisa dilihat sendiri kayak Sh0h, Tatsuya, Heartgrey, Jimix, Two H dan lain-lain.
Untuk Asia yang kayak di bagian Timur Tengah dan di sekitar India gitu BEATBOXOLOGY kurang terlalu memperhatikan detailnya, kemungkinan disana sedikit beatboxer yang ke-blowup dan dilihat dari gayanya adalah kayak yang ada di Australia, jadi peralihan antara Old School ke New School.
Sedangkan di Asia Tenggara kayak di Indonesia sendiri dan juga yang saya tahu di Vietnam, Malaysia, Filipina itu mainnya sudah pada New School, jadi lebih ke beat yang belibet, cepat, padat dan semacam itulah.

- AFRIKA
Disini BEATBOXOLOGY kurang mengetahui sebenarnya perkembangan scene beatboxnya kayak gimana. Namun setahu BEATBOXOLOGY di Afrika Selatan dan beberapa negara Afrika bagian Utara kayak Mesir dan sekitarnya beatbox juga cukup berkembang. Beatnya juga peralihan antara Old School dan New School dan sudah mulai bermunculan beberapa yang New School yang ngandalin Fast Beat.
Untuk negara Afrika lain BEATBOXOLOGY kurang tahu namun kemungkinan juga ada beberapa beatboxer, soalnya Under Kontrol juga ngadain tur di banyak negara benua Afrika yang notabene banyak negara di Afrika yang makai bahasa Prancis, sehingga kemungkinan scene beatboxnya masih Old School yang ngandalin musikalitasnya gitu.


Nah itu tadi yang bisa sedikit BEATBOXOLOGY share ke kalian semua tentang perkembangan beatbox di seluruh dunia. Semua yang BEATBOXOLOGY share tadi berdasarkan pengalaman BEATBOXOLOGY menonton Youtube dan subscribe banyak beatbox channel dari seluruh belahan dunia, supaya kagak kudet tentang perkembangan beatboxer di seluruh dunia. Kalau ada kekurangan dan kesalahan BEATBOXOLOGY mohon maaf dan harap maklum. Yang penting BEATBOXOLOGY sudah mencoba berbagi apa yang sudah BEATBOXOLOGY tahu daripada berdiam diri tidak memanfaatkan apa yang sudah dimiliki.

Kalau kalian sendiri gaya ngebeatboxnya kayak gimana? Old School yang ngandalin musikalitas atau New School yang ngandalin Fast Beat dan Electro Music atau keduanya? Yang pasti adalah, kalian harus orijinal!!! Jangan hanya bisa meniru teknik dari beatboxer luar negeri saja. Beatboxer jenius itu yang harus benar-benar bisa mengolah jadi sebuah hal baru, bukan hanya memodifikasi saja. Dan satu semangat buat majuin scene beatbox Indonesia. Big up!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar