Selasa, 17 Maret 2015

Fakta Beatbox Indonesia Part 1



SEBELUMNYA DI BEATBOXOLOGY: http://beatboxology.blogspot.com/2015/03/beatbox-battle-wildcard-competition.html

Wuzzup, BBXLGY back again memberikan info-info yang berguna buat beatboxer di seluruh nusantara. Berikut BBXLGY sajikan beberapa fakta sebenarnya yang didapat dari sumber terpercaya:

1. Beatbox di Indonesia sudah ada sebelum tahun 2000an. Beatbox mulai ada saat era musik rap berjaya, waktu itu jaman jayanya rapper Iwa K.

Beatbox Indonesia sudah ada sejak era 90an.

2. Beatbox terbentang dari Aceh sampai Papua, bukan hanya di Ibukota Jakarta saja. Dari berbagai daerah tersebut, dapat kita jumpai beberapa beatboxer dengan skill kampret.

Website Aceh Beatboxer.

Afka, Beatboxer asal Aceh yang sudah masuk Channel Youtube BEATBOX BATTLE.

Komunitas Beatbox Papua.

3. The real Indonesian beatbox pioneer is INDOBEATBOX. Pada tanggal 30 Oktober 2008, mereka resmi dibentuk oleh Billy BDaBx, Tito Gomez, Indra Aziz, Aria Gorboman, Jevin Julian dan Yori Melano. Karena merekalah, penyebaran beatbox di Indonesia bisa semerata sekarang.

Terbentuknya INDOBEATBOX.

4. Sebelum Indobeatbox terbentuk, juga sudah ada beberapa beatboxer yang muncul di era keemasan musik rap. Salah satunya pada awal era 90an sudah muncul Junk D dari Bandung.

Salah dua sesepuh beatbox di Indonesia.

Junk D dan Elick Cronik.

5. Pembuat video tutorial beatbox berbahasa Indonesia yang diupload di Youtube pertama kali adalah Indra Aziz. Diupload pada tanggal 19 Maret 2008.

Indra Aziz, Pengupload video Youtube tutorial beatbox berbahasa Indonesia pertamax.

6. Beatbox fashion di Indonesia sendiri tidak terpatok pada tren, namun lebih kepada kenyamanan. Salah satu brand beatbox fashion di Indonesia yang sudah dikenal di luar negeri adalah NOISE MULTIVOCALIZM dari Jogjakarta.

Hobbit dan Reeps One, Artis Beatbox kelas dunia yang berasal dari Inggris memakai kaos Noise.

7. Beatbox di Indonesia tidak memiliki pusat atau kiblat tertentu. Karena hampir di semua wilayah memiliki beatboxer yang skillnya tidak kalah dengan yang dari luar negeri.

Neolizer, Beatboxer dengan skill dan kreatifitas mantab dari Bukittinggi.

Arba, Beatboxer asal Wonosobo yang beberapa kali menjuarai Beatbox Battle tingkat lokal maupun nasional.

Yenz, Beatboxer asal Makasar yang prestasinya sampai battle tingkat nasional.

Under Destruction yang sekarang berganti nama BASSLINE TROOPERS, grup beatbox dengan musikalitas tinggi yang berasal dari kota Solo.

That's it! Beberapa fakta yang sekiranya perlu kalian ketahui, biar kalian juga ga gampang dikibulin. Peliharalah lovers di antara beatboxer. Beatbox is all about love.
Tetap sehat, tetap semangat, supaya kita tetap bisa ngebeatbox...

2 komentar: